Katakan Tidak

Senin, 4 Agustus 2008

 

Bacaan : Yakobus 1:12-15

1:12 Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia.

 

1:13. Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: “Pencobaan ini datang dari Allah!” Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapapun.

 

1:14 Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya.

 

1:15 Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut.

 

 

Katakan Tidak

 

Dalam buku Keponakan Penyihir dari The Chronicles of Narnia, diceritakan bagaimana Digory telah membuat sebuah kesalahan fatal. Ketika Asian menanyai Digory tentang hal itu, Digory berkelit, “Aku rasa aku agak terkena mantra yang tertulis dalam bel itu”. Mendengar jawaban itu, Aslan menegaskan, “Benarkah?” kemudian barulah Digory mengaku, “Tidak. Sekarang aku tahu bahwa aku tidak terkena mantra. Aku hanya berpura-pura.”

 

Ketika dihadapkan pada satu pencobaan dan gagal, kerap kali kita juga berkelit dengan mengatakan bahwa kita dijebak, digoda atau terkena “mantra” seperti dalih Digory. Padahal, sebenarnya kita tidak terkena mantra apapun. Kita sendiri yang membuat pilihan untuk jatuh. Yakubos mengatakan dengan jelas bahwa tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri (ayat 14). Setan bisa menggoda kita, tetapi pilihan untuk berdosa atau tidak, tetap berada di tangan kita.

 

Lalu bagaimana kita dapat menang melawan dosa? Bisa dengan dua hal: tunduk kepada Allah dan melawan Iblis. Keduanya sama penting, jadi harus sama-sama dilakukan. Kita bisa saja tetap gagal meski telah berdoa dan memohon belas kasihan Tuhan, karena kita tidak mau melawan Iblis dnegan tegas. Kita hanya bisa melakukannya dengan berani berkata “Tidak!” kepada dosa. Itulah salah satu karunia yang kita peroleh dari Kristus yang telah menang atas maut. Karena Kristus telah menang bagi kita, maka saat kita berani berkata tidak, dosa pun tidak berkuasa lagi atas tubuh kita! – GS 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: