Memotong rumput

Sabtu, 5 Juli 2008

 

Bacaan : Lukas 10:38-42

10:38. Ketika Yesus dan murid-murid-Nya dalam perjalanan, tibalah Ia di sebuah kampung. Seorang perempuan yang bernama Marta menerima Dia di rumahnya.

10:39 Perempuan itu mempunyai seorang saudara yang bernama Maria. Maria ini duduk dekat kaki Tuhan dan terus mendengarkan perkataan-Nya,

10:40 sedang Marta sibuk sekali melayani. Ia mendekati Yesus dan berkata: “Tuhan, tidakkah Engkau peduli, bahwa saudaraku membiarkan aku melayani seorang diri? Suruhlah dia membantu aku.”

10:41 Tetapi Tuhan menjawabnya: “Marta, Marta, engkau kuatir dan menyusahkan diri dengan banyak perkara,

10:42 tetapi hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya.”

 

 

Memotong rumput

 

Walikota sebuah kota kecil di Kentucky memutuskan untuk berhenti memotong rumput di halaman rumahnya pada tahun 2005. lalu, ia memasang sebuah papan di rumahnya yang bertuliskan : “Ada hal-hal yang lebih penting dalam hidup ini daripada rumput yang tinggi.”

Walikota tersebut berkata bahwa ia mempunyai beberapa alasan untuk tidak memotong rumput yang sudah tinggi. Salah satunya ialah kematian istrinya karena kanker. Kehilangan itu membuatnya merenungkan kembali prioritas-prioritas dalam hidup. Kini ia senang menikmati suasana santai di sore hari dan mengamati bunga-bunga liar, juga tupai-tupai dan burung-burung yang sekarang datang ke pekarangannya. Seorang anggota Dewan Kota berkata,”Jika maunya begitu, biarlah. Saya bahkan mulai merasa bahwa ia mungkin benar. Ada hal-hal lain yang lebih penting daripada memotong rumput.”

Walikota itu memberi kita wawasan tentang prioritas. Apa yang kita lakukan dengan waktu yang kita miliki menunjukkan apa yang kita anggap penting dalam hidup. Bacaan Alkitab hari ini menceritakan bagaimana perhatian Marta tersita karena “sibuk sekali melayani” (Lukas 10:40). Sebaliknya Maria meluangkan waktu untuk “duduk dekat kaki Tuhan” dan mendengarkan ajaran-Nya (ayat 39). Mungkin Maria sadar bahwa ia tidak memiliki banyak kesempatan lagi untuk belajar dari Yesus.

Kadang-kadang tanggung jawab seperti mencuci piring, memotong rumout atau bekerja lembur untuk sebuah proyek perlu ditunda dulu agar kita dapat menyediakan waktu bersama Tuhan, keluarga, atau sahabat-sahabat. Hal-hal ini jauh lebih penting – AMC   

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: